22.3.12

Motivasi Kerja Dan Usaha

Kehidupan adalah suatu rangkaian yang sistematis, dimana hidup adalah bergerak. Gerakan inilah yang harus difungsikan dengan baik, agar hidup ini memberi manfaat bagi diri masing-masing individu.

Tugas dari kehidupan adalah mempertahankan keindahan dan kemakmuran dunia, yang sebelumnya oleh Tuhan sudah diciptakan dengan bentuk dan isi yang sempurna. Manusia ditugaskan untuk melestarikan, mempertahankan dan memberikan timbal balik kepada alam dengan yang lebih baik lagi.

Cara untuk membuat dunia agar lebih hidup adalah dengan memfungsikan kehidupan diri, yaitu dengan berusaha dan bekerja. Berusaha adalah mengoptimalkan gerakan sedangkan bekerja adalah menyusun usaha untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dalam dunia pekerjaan sering kali ada suatu masalah dan problema yang membuat seseorang jenuh dengan pekerjaannya. Sehingga pekerjaan yang dilakukan yang sebenarnya berfungsi untuk memakmurkan kehidupan akan kehilangan fungsinya itu. Oleh sebab itu, harus ada beberapa motivasi kerja dan usaha agar apa yang diusahakan dan dikerjakan memberikan hasil yang baik bagi diri sendiri ataupun yang lain.

Pekerjaan apapun sebenarnya tidak masalah, baik sebagai pengusaha, karyawan, petugas kebersihan, petugas ojek, pengantar dengan kendaraan becak dan lain-lain semua tidak ada masalah. Yang terpenting dalam hidup adalah mau berjuang dan berusaha dan tidak meminta-minta selama gerakan masih kuat dan stabil. Namun tidak dipungkiri adanya penurunan semangat kerja, dan stres karena pekerjaannya tak kunjung menghasilkan sesuatu.

Nah? problema utama bagi seseorang yang bekerja adalah dari hasil. Tidak masalah hasil yang sedikit bagi orang yang bekerja dengan malas, yang menjadi masalah adalah ketika seseorang bekerja dengan giat, kerja keras, namun hasilnya tetap tidak memuaskan. :)

Sebenarnya penulis juga banyak problema, jangan dikira tidak ada problem dalam pekerjaan. hehehe, namun, agar kita tetap semangat dalam bekerja dan hasilnya akan memuaskan, kalau tidak keberatan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

a. Niat

Niat memang yang utama, niat adalah dasar yang harus dibangun pertama kali, jika niatnya dibangun dengan salah, maka usahanya pun akan salah dan otomatis hasilnya pun akan bermasalah. Tetapi jika niat yang dibangun adalah niat yang kuat pasti akan membuat kita bersemangat dan hasilnya pun akan memuaskan.

Niat memang hal pribadi masing-masing, sebenarnya tidak apa-apa diniatkan untuk dapat uang yang banyak, dapat beli rumah yang besar, dapat beli mobil dan lain-lain, tetapi niat seperti itu akan kurang dibantu oleh Tuhan. :) Lho, niat yang seperti apakah yang akan banyak mendapatkan bantuan kemudahan dari Tuhan .. ??

"Niatkan pekerjaan dan usaha itu untuk kebaikan orang banyak, jangan membangun keegoisan pada diri, karena keegoisan akan menghambat bantuan kemudahan dari Tuhan. Jika apa yang kita usahakan untuk kebaikan, maka pekerjaan dan usaha kita akan dibantu."

Wah, kita gak dapat apa-apa dong ...? Ingat, kebaikan yang banyak akan datang jika kita lebih banyak memberi kebaikan, bukan meminta kebaikan atau hanya menerima kebaikan. Kemudahan akan terasa didapat apabila niat sudah benar dan tepat sasaran. :)

b. Serius tetapi santai

Dalam bekerja, ada hal yang perlu diperhatikan, yakni tidak berlebihan dan tidak kekurangan. Maksudnya adalah, ketika seseorang bekerja dan berusaha jangan terlalu serius dan jangan terlalu santai, ambil bagian tengahnya. Mengapa? terlalu serius akan membuat pekerjaan itu tak menyenangkan dan membosankan, akan mudah lelah dan capek, serta akan mudah stres. Berusaha terlalu santai, sudah jela nantinya tidak akan ada hasil yang telah diniatkan, terlalu santai akan membuat banyak kesalahan dalam pekerjaan. Hendaklah lakukan pekerjaan dan usaha dengan serius tetapi santai. :)

c. Cintai Pekerjaan

Dan yang sangat penting agar motivasi tetap ada, adalah mencintai pekerjaan. Jangan sampai pekerjaan anda saat ini tidak anda cintai, jika tidak cinta segera tinggalkan sebelum anda menyakiti pekerjaan anda atau malah anda akan tersakiti. :) Cinta itu sangat penting walaupun dalam pekerjaan dan usaha. Sebagus apapun pekerjaan anda jika tidak cinta, maka akan terasa hampa dan bermakna, sebaliknya sekecil apapun pekerjaan anda jika dilakukan dengan cinta akan memberikan hasil yang maksimal. Karena pekerjaan dan usaha yang dicintai akan cenderung sukses. :)

d. Nikmatilah

Bekerja yang menyenangkan adalah menikmati pekerjaan, mungkin dalam hidup ada susah dan ada senang, namun sebenarnya ada dua pilihan, bisa senang terus dan bisa sedih terus, tergantung masing-masing. Dalam makanan pun juga ada yang manis dan ada yang asin, ada yang pedas juga, nah semua akan jadi nikmat jika memang benar-benar kita nikmati dengan sesuatu pelengkap yang lain.:)

Misalkan cabai, cabai itu sangat pedas dan tidak ada orang yang mau makan cabainya saja, namun cabai akan nikmat jika ada pelengkapnya. Begitupun juga dengan pekerjaan, akan terasa nikmat jika ada masalah, jika masalah itu dihadapi dengan pelengkap lainnya semisal kesabran dan ketenangan. benar kan .. ? :)

e. Bersyukur

Mensyukuri nikmat Tuhan adalah hal kecil yang berdampak luar biasa, namun banyak yang melupakan rasa syukur ini, padahal syukur itu sangat penting untuk melipatgandakan hasil yang dicapai. Karena janji Tuhan sudah jelas, barangsiapa yang ensyukuri nikmat Tuhan, akan ditambah nikmatnya oleh Tuhan. :)

Nah? demikianlah Motivasi Kerja Dan Usaha untuk kita semua, semoga dapat membangkitkan kembali motivasi kerja anda, dan mendapatkan rejeki yang berlimpah agar mudah dalam menyebarkan kebaikan. :) Tetap senyum, tetap semangat, dan tetap bergairah untuk menuju perubahan ... terimakasih dan mohon maaf.

Sumber : http://www.dycko-novanda.com/2012/03/motivasi-kerja-dan-usaha.html

0 comments:

Post a Comment

il

il
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...