12.7.12

Cara Memilih Perusahaan Yang Tepat Untuk Investasi Saham - by Ellen May

Pernah terbersit pertanyaan, seperti apa sih perusahaan yang bagus untuk investasi saham ? Bagaimana ya melihat kualitas sebuah perusahaan tanpa menggunakan angka-angka? Analisis kesehatan dan pertumbuhan perusahaan biasa dilakukan dengan analisa laporan keuangan dalam Fundamental Analysis. Namun selain analisis yang berupa angka- tersebut, ada tips-tips fundamental analysis yang praktis dan bisa digunakan oleh pemula.

Tips pertama - Yang perlu diperhatikan untuk memilih perusahaan adalah sektornya. Pilih sektor yang sedang bertumbuh saat itu. Tidak semua sector menonjol dalam satu waktu. Biasanya hanya 1 atau 2 sektor saja yang menonjo.

Tips kedua - Setelah memilih sektor yang bagus, berikutnya adalah pilih perusahaan yang punya pangsa pasar terbesar di sektornya. Misalnya, sektor Gas minggu lalu sempat diuntungkan karena peningkatan harga Gas, saham-saham yang memimpin dalam sektornya antara lain PGAS. Selain pangsa pasar yang besar, pilih perusahaan yang cenderung bersifat monopoli. Misalnya saja, sedikit perusahaan pengelola jalan tol yg listing di BEI, yaitu Jasa Marga dan Citra Marga Nusaphala. Perusahaan yang punya pangsa pasar besar biasanya menjangkau seluruh golongan masyarakat, biasanya sektor konsums.

Tips ketiga - Yang perlu diperhatikan adalah mengecek bisnis apa yang dijalankan oleh perusahaan tersebut. Mudah saja melihat model bisnis Indofood atau INDF yang memproduksi mie instant dan menjual ke masyarakat. Namun, banyak orang yang terkecoh dengan beberapa jenis saham yang namanya kurang familiat bagi masyarakat awam. Misal: PT Bumi Resources MineralsTbk sering dikira perusahan tambang padahal merupakan perusahaan investasi yang punya anak usaha tambang.

Tips keempat - Pilih perusahaan yang punya competitive advantage, nilai lebih yang membuatnya mampu bersaing. Misalnya saja Apple yang harganya cenderung lebih mahal, tapi banyak orang memilih produk-produknya karena inovasi yang membuatnya unggul. Contoh lain, competitive advantage bisa juga dari kekuatan merek. Ada banyak minuman soda, namun Coca Cola tetap unggul.

Tips kelima - Cek manajemen perusahaan. Hal ini yang selalu didengung-dengungkan oleh investor kawakan Bp Lo Kheng Hong. Manajemen bagaikan pilot dalam sebuah pesawat. Tanpa manajemen yang baik,jalan perusahaan tidak akan mulus. Lalu bagaimana caranya memeriksa manajemen perusahaan? Kita bisa memerika manajemen perusahaan dengan melihat website nya, cek nama-namanya. Setelah itu, cek juga pendidikannya, dan cek histori dari manajemen tersebut. Gunakan http://t.co/T4M8qt5t Selain itu, kita juga bisa cek manajemen perusahaan dengan menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham. Semua pemegang saham berhak untuk menghadiri RUPS. Di situ kita bisa bertatap muka langsung dengan manajemen.

Tips keenam - Periksa GCG (Good Corporate Governance). Apa itu ya? GCG atau tata kelola perusahaan adalah serangkaian kebijakan perusahaan agar dapat berjalan sesuai harapan semua pihak. Pihak-pihak yang dimaksud bukan hanya pemegang saham, namun juga konsumen, supplier, dan lingkungan. GCG yang baik juga member solusi win win bagi semua pihak tersebut. Good corporate governance melindungi semua pihak dan menghindarkan sikap tidak etis dari perusahaan. Ada beberapa prinsip dasar GCG seperti transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, independensi, fairness, kewajaran, integritas, kejujuran, dan taat akan hokum. Perusahaan yang punya GCG bisa lebih efektif dan punya hubungan baik dengan masyarakat. Beberapa ciri perusahaan yang punya GCG baik : adanya transparansi laporan keuangan, tidak dimanipulas. Laporan keuangan yang transparan bisa dicek secara mendalam dan logis dengan hubungan sebab akibat. Struktur dewan direksi meliputi berbagai pihak dan sifatnya independen. Cek juga apakah perusahaan menghormati hak-hak stakeholder, seperti tidak terlambat dalam bayar utang bisnis. Tips-tips di atas penting untuk diperhatikan, melengkapi angka-angka laporan keuangan yang bisa saja dimanipulasi seperti saham ENRON di AS. Tips-tips di atas merupakan pelengkap. Jadi jika kita seorang investor jangka panjang, belajar juga analisis laporan keuangan.

Sumber dari Kultwit tentang investasi saham oleh Ellen May
semoga bermanfaat... keep blogging!!!

0 comments:

Post a Comment

il

il
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...