IP

19.1.12

Cara Mendeteksi Kerusakan Handphone

Cara Mendeteksi Kerusakan Handphone - Blog berbagai cara kali ini akan mengulas berbagai cara mendeteksi kerusakan pada handphone saudara. Berawal dari solving masalah di yahooanswers, dan berakhir di posting blog :D

Berikut ini adalah cara mendeteksi kerusakan HP :

  1. Untukkerusakan handphone mengecek signal hp, kita pilih pengaturan jaringan menjadi manual. Dan cobalah melakukan pencarian jaringan. Jika hp dapat mendeteksi 4 atau lebih jaringan, maka dapat dikatakan signal handphone masih normal. (yang penting jangan di daerah pegunungan).
  2. Untuk masalah baterai, cobalah menelpon operator (biar gratis) agak lama, kalo gak sampe 5 menit baterai sudah berkurang drastis, bisa jadi baterainya drop atau ada kerusakan pada power handphone (ic power atau terjadi konsleting).
  3. Cobalah menelpon operator untuk mengecek suara dari speaker handphone. Kalo suaranya gak enak berarti ya harus ganti.
  4. Cobalah merekam pada fitur rekaman, itu untuk mengecek apakah mic dari handphone tersebut masih bagus, atau sudah rusak. Kalo gak ada fitur perekam ya terpaksa harus telpon temen. hehehe
  5. Test jepret kamera (kalo ada kameranya).
  6. Test radio, untuk mengecek apakah terjadi kerusakan pada bagian headset.
  7. Test Fitur Getar juga jangan lupa.
  8. Untuk mengecek apakah terjadi kerusakan pada CPU handphone, cara mengeceknya adalah dengan menekan tombol 1 - 9 (randomly) keypad dengan sangat cepat berulang ulang, kalo tiba tiba hapenya hang atau mati, maka bisa dipastikan CPU nya lemah, dan sudah tidak layak untuk dipakai.
  9. (advanced) Untuk mengecek apakah ada konsleting pada seluruh bagian handphone, kita dapat menggunakan avo meter. Taruh jarum avo ke 10X, lalu hubungkan avo dengan connector baterai (+ dengan -) ( - dengan +) kalo jarum avo terangkat, berarti sudah terjadi konsleting pada handphone tersebut. Dan sudah pasti handphone tersebut boros baterai (kecuali BB lho yah).
  10. Khusus beberapa tipe handphone sony ericsson, ada cara yang praktis mengecek kerusakan pada hp. Caranya adalah dengan menekan *kanan*kirikiri*kiri*. (kiri maksudnya arah kiri). Maka akan muncul beberapa opsi, pilih uji layanan, lalu akan muncul banyak pilihan untuk mengecek hape tersebut.
Sedikit tambahan, untuk melihat handphone tersebut sudah ganti backchasing atau tidak adalah dengan mencocokkan imei pada software hp dengan imei pada backchasing. Imei pada software bisa dilihat dengan cara menekan tombol *#06# (untuk semua jenis hp).

Semoga bermanfaat. salam ribuan-cara.blogspot.com berbagai cara berbagai cara berbagai cara berbagai cara berbagai cara berbagai cara berbagai cara berbagai cara berbagai cara berbagai cara berbagai cara

4 comments:

  1. Makasih gan. Bermanfaat banget buat ane. Kunjungi juga blog ane ya gan. :D
    http://tips-web-traffic-blog.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Sama - sama gan. Berbagi itu indah. Keep Blogging.

    ReplyDelete
  3. di izinin gan. Yang penting pasang sumber ya gan. :)

    ReplyDelete

il

il
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...