3.8.12

Tips Mengatur Keuangan (Financial Planning) - by Ellen May

Financial Planning
Hutang / debts dalam kehidupan sehari-hari dan marjin dalam saham ibarat pedang bermata dua.Tau kenapa? Di sisi pertama, hutang dapat mendongkrak kemampuan Kita untuk berbisnis & juga bertransaksi saham. Dengan akun marjin, maka Kita dapat membeli saham lebih banyak dengan modal yang lebih sedikit. Dengan hutang (good debts), Kita bisa mengembangkan bisnis dengan lebih cepat juga. Namun di sisi lain, hutang yang tidak bijak merupakan jalur cepat orang menjadi miskin. Kenapa ? Jika Kita berhutang tanpa perhitungan, maka kekuatan bunga-berbunga akan membuat Kita terbelenggu.

Apa saja yang termasuk bad debts ? Biasanya bad debts adalah hutang yg digunakan utk memenuhi keinginan / kebutuhan hidup. Good debts merupakan hutang yangg digunakan untuk keperluan bisnis, di mana imbal hasil yang diperoleh lebih besar dari bunga. Jika Kita berencana untuk melakukan good debts, harus dihitung baik-baik supaya return lebih besar daripada bunga hutang. Apa kaitannya penggunaan good debts ini dalam transaksi saham ?

Menggunakan akun margin dalam saham harus dengan bijaksana, yaitu ketika indikator teknikal dan fundamental mendukung. Jika Kita benar-benar yakin secara teknis / fundamental bahwa harga saham berpotensi naik,boleh gunakan marjin. Menggunakan akun marjin pada saham harus hati-hati, tidak boleh hanya berdasar feeling / rumor. Perhitungkan apakah imbal hasil cukup untuk menutup bunga margin ? Seberapa cepat saham akan naik?

Kembali lagi pada persoalan bad debts dalam kehidupan sehari-hari .Banyak orang yang berhutang untuk gaya hidup. Bagaimana ya melepaskan diri dari belenggu hutang / bad debts? Jika bad debts Kita memang disebabkan oleh kebutuhan hidup, bukan keinginan,oke lah..,segera lunasi ya!!! Usahakan jangan sampai hutang membangkak, karena bunga juga semakin membengkak dan menggerogoti kantong Kita. Tulis hutang mana yang paling tinggi bunganya dan paling berbahaya, prioritaskan untuk segera diselesaikan.

Untuk account margin dalam saham, jangan gunakan untuk trading saham gorengan karena sangat beresiko. Menggunakan akun margin memang memberi kelonggaran dibanding menggunakan akun biasa. Jika Kita menggunakan akun biasa, dibatasi 5 hari untuk membayar kelebihan transaksi Kita. Namun dengan akun margin, Kita bisa lebih lama menyimpan saham tanpa kuatir kena force sell. Namun hati-hati, bunga dalam akun margin saham cukup besar, berkisar 15%-18% setahun.

Gunakan fasilitas hutang dengan bijak untuk keperluan bisnis / good debts. Gunakan akun margin Kita dengan bijak pula, hanya untuk saham yang benar-benar potensial. Jangan berhutang / gadai untuk trading saham, forex, atau emas berjangka, karena cukup beresiko. Jika ingin memperbesar power dalam trading saham boleh pakai akun marjin dengan catatan seperti di atas.

Sumber dari Kultwit tentang investasi saham oleh Ellen May
semoga bermanfaat... keep blogging!!!

0 comments:

Post a Comment

il

il
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...