7.8.12

Sosok Inspiratif William Soeryadjaya - by Ellen May

Siapa yang pernah dengar nama William Soeryadjaya? Siapa ya beliau ? Ya! Alm.William Soeryadjaya adalah salah seorang pendiri PT.Astra International Tbk (ASII) pada tahun 1957. Mr.William adalah sosok yang sangat sederhana. Meskipun kaya ia cuma pakai jam tangan Casio! Bahkan ada lagi yang lebih menarik. Apa yang menarik dari seorang William pendiri perusahaan raksasa ASII di tanah air ini? Tidak lain adalah pribadinya! Selain sifatnya yang sederhana, almarhum William adalah sosok orang yang sangat bertanggungjawab dan memegang etika bisnis. Bagaimana bisa? Jika biasanya sebuah bisnis kolaps, pemilik bisnis lari dari tanggun jawab. Maka tidak demikian dengan Om William. Waktu itu tahun 1992 Bank Summa milik Edward Soeryadjaya collaps, tahukah apa yang dilakukan sang ayah / William?

Om William sang ayah jual 100 juta lembar saham ASII di harga Rp 5000/lembar saham demi menolong Bank Summa. Mr.William Soeryadjaya, jual 100 juta sahamnya untuk ganti uang deposan kecil di Bank Summa milik anak tertuanya, Edward Soeryadjaya. Sebenarnya Bank Summa terpisah dari ASII dan ia tidak perlu ber tanggung jawab. Tindakan Alm.William dianggap gila oleh pelaku bisnis. Namun Alm. William mengatakan, "Saya memikirkan nasib nasabah kecil di bank itu".

Dunia bisnis seringkali dipenuhi keculasan dan seringkali mengabaikan etika. Om William adalah pebisnis langka, yang punya hati nurani. Sebuah mentalitas yang sangat luar biasa dari seorang Mr.William. Saat itu yang beli sahamnya adalah Lim Sioe Liong dan Prayogo Pangestu. Om William sudah meninggal th 2010 meninggalkan moral kehidupan yang sangat dalam artinya. Ia mengutamakan tanggungjawab.

William Soeryadjaya
William Soeryadjaya
Kasus yang hampir mirip adalah Bank Century. Nasabah Bank Century akan sangat bersyukur jika Robert Tantular adalah William Soeryadjaya *hmm* Mr.William merupakan contoh orang sukses yang tidak dikuasai oleh hartanya, namun ia adalah tuan sejati atas hartanya. Dari sosok seorang pemimpin yang berkarakter, tumbuh pula perusahaan yang kokoh dan maju. Benih baik apakah yang akan kita tabur di dalam dunia kerja dan dunia bisnis? Biarlah karakter dan moral yang baik tetap mengiringi kesuksesan kita. Uang bisa menjadi hamba yang baik, atau tuan yang jahat. Jadilah tuan yang baik atas hartamu, jangan terbalik.

Sumber dari Kultwit tentang investasi saham oleh Ellen May
semoga bermanfaat... keep blogging!!!

0 comments:

Post a Comment

il

il
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...