22.8.12

Kekuatan Compounding Warren Buffet Dalam Menciptakan Profit

compounding warren buffet
Banyak orang menginginkan hasil yang sangat besar untuk investasinya, puluhan persen bahkan ratusan % per tahun. Banyak pula trader atau investor yang memamerkan imbal hasil investasinya sebesar ratusan % per tahun. Banyak juga orang terjebak dalam investasi bodong yang menawarkan janji profit ratusan % per tahun. Mengapa semua ini terjadi ? Orang menginginkan hasil ekstravaganza pada investasinya karena mereka tidak sabar dan ingin cepat kaya! Lalu berapa besar imbal hasil investasi yang ideal, yang bisa membuat seorang investor menjadi kaya raya? Yuk mari kita belajar lagi pada Warren Buffet. Ada yang tau berapa % imbal hasil investasi Warren Buffet per tahun ? Warren Buffet investor terbesar dunia, meraih keuntungan investasi hanya 24,7 % per tahun secara konsisten selama 49 tahun! Di luar dugaan, ternyata imbal hasil sang Oracle of Omaha tidak sebombastis imbal hasil dari banyak investor dunia. Namun apa yang membuat Warren Buffet sukses tak lain adalah KESABARAN dan KONSISTENSI! Saya yakin, jika kita jeli memanfaatkan fluktuasi harga saham mungkin bisa mendapat lebih dari 24,7% per tahun. Namun pertanyaannya, bisakah kita konsisten dengan hasil puluhan persen per tahun itu? Jangan sampai kita memperoleh imbal hasil luar biasa, namun kerugian yang harus ditanggung juga luar binasa!

Dalam buku Smart Traders Not Gamblers, Ellen May menuliskan tentang pentingnya menetapkan target trading / investasi. Target trading / investasi yang kita miliki haruslah rasional, apalagi jika kita seorang pemula dalam investasi saham. Target investasi 20% per tahun cukup masuk akal untuk seorang pemula. Menarik bukan ? Nah jika kita konsisten memperoleh 20% per tahun, maka kira-kira butuh berapa lama supaya uang kita menjadi 2 kali lipat? Ayo dihitung! Menurut Albert Einstein, berapa lama uang kita bisa menjadi 2 kali lipat, dapat dihitung dengan Peraturan 72. Maksudnya? Jika target profit kita 20% per tahun, maka agar uang kita menjadi 2 kali lipat, kita cukup membagi angka 72 dengan 20. Jadi jika target kita 20% per tahun, maka dengan Rumus "72", uang kita akan menjadi 2 kali lipat dalam 3.6 tahun!

Kekuatan Compounding merupakan senjata Warren Buffet dalam menciptakan profit terbesar di dunia. Pertanyaannya, sabarkah kita menyimpan saham sehat kita selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun? Ketika saya (Ellen May) menyampaikan bahwa investasi saham jangka panjang ideal > 5 tahun, banyak yang mengatakan terlalu lama. Tidak ada yang terlalu lama untuk sebuah investasi jangka panjang. Jika kita tidak sabar, kita lebih baik menjadi trader. Menjadi kaya lewat saham, bukan semata-mata karena strategi ampuh, tapi lebih didorong oleh KESABARAN & KONSISTENSI. Maukah kita sabar dan konsisten di dalam investasi kita ? Semakin awal kita mulai investasi saham, semakin bagus.

Sumber dari Kultwit tentang investasi saham oleh Ellen May

semoga bermanfaat... keep blogging!!!

0 comments:

Post a Comment

il

il
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...