18.8.12

Cara Membangun Rasa Percaya Diri Dalam Trading Saham

meningkatkan percaya diri dalam trading saham
Seringkali saya menerima pertanyaan dari rekan traders yang bunyinya kira-kira seperti ini, "Mengapa saya merasa tidak percaya diri akan analisa dan trading plan saya sendiri ?" - Saya lebih sering mengikuti pendapat orang lain daripada mengikuti trading plan yang sudah saya buat sendiri." - Hal tersebut sebenarnya sangat wajar terjadi pada trader pemula. Kita tidak sendiri. Rasa kurang percaya diri juga saya alami ketika saya menjadi trader pemula. Pada saat itu saya ingat betul, saya merasa bahwa analisa saya kurang ini dan itu, analisa orang lain nampak lebih keren. Namun kenyataannya, hal itu tidak benar-benar terjadi. Analisa yang kita buat bisa jauh lebih profitable.

Analisa yang sederhana bisa berhasil baik jika dijalankan dengan sungguh-sunguh, daripada mengikuti trading plan orang lain. Hal ini bukan berarti bahwa rekomendasi orang lain tidak baik, namun ternyata jika kita punya dasar dan keyakinan tersendiri akan analisa yang kita buat, akan mendorong kita untuk lebih disiplin dan fokus pada analisa tersebut. Sedangkan ketika mengikuti trading plan orang lain, kita belum tentu yakin akan apa yang mendasarinya. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan rasa "percaya diri" ? Percaya diri adalah pikiran positif, perasaan dan tindakan yang mencerminkan keyakinan bahwa kita dapat berhasil mencapai tujuan. Ketika seseorang ragu-ragu / tidak yakin pada diri sendiri, maka kemungkinan seseorang untuk meraih sukses sangatlah kecil. Jadi, bisa disimpulkan, ketika trader tidak yakin akan kemampuannya sendiri, maka sulit bagi dirinya untuk profit konsisten.

Rasa percaya diri akan mendongkrak semangat belajar trader, meningkatkan kinerja dan meraih profit yang lebih konsisten. Trader yang percaya diri juga lebih mudah melakukan pembatasan kerugian, karena ia tahu mengapa dan kapan harus melakukannya. Trader yang kurang percaya diri biasanya akan terfokus pada permasalahan, pada kesalahan tradingnya, daripada berfokus pada usaha untuk membenahi kesalahan itu sendiri, atau usaha untuk mencapai hasil yang optimal.

Lalu bagaimana caranya mendongkrak rasa percaya diri trader ?Berikut ini ada 7 tips untuk mendongkrak rasa percaya diri trader :
1) Sering-seringlah melakukan VISUALIASI / mengimajinasikan lagi dengan detil masa-masa ketika kita mencetak profit.

2) Jagalah kebugaran fisik kita, karena ketika kita merasa fit, segar, dan sehat, hal ini akan menambah kewaspadaan kita saat trading.

3) Buat daftar kelebihan kita. Periksa daftar ini secara teratur untuk mengingatkan diri kita sendiri tentang betapa berhasil kita sebenarnya.

4) Hilangkan pikiran dan kenangan negatif. Ketika memori negatif itu muncul (trauma karena teman / diri sendiri pernah loss besar), gantikan dengan image / pikiran yang positif seperti : tidak ada kata 'gagal', yang ada hanya kata 'SUKSES' atau 'MASIH BELAJAR'.

5) Tentukan sebuah sistem trading yang kita sukai, kemudian FOKUS lah pada 1 sistem saja. tiap orang / mentor punya sistem masing-masing dalam trading, tentukan salah satu, mana yang paling klop dengan pribadi kita, dan latih terus !

6) Ketika kita merasa tidak percaya diri atau lesu, ubah gerakan kita. Postur tubuh kita akan sangat menentukan emosi kita. Coba berdiri dan busungkan dada, angkat kedua tangan, buka mata lebar-lebar dan tersenyumlah. kita akan merasa lebih baik !

7) Terus berlatih, memperbaiki kekurangan di sana - sini, haus akan belajar dan berlatih.

Sukses dalam trading sangat erat kaitannya dengan semangat belajar kita. Dengan membaiknya performa trading, otomatis rasa percaya diri akan semakin meningkat !!

Sumber dari Kultwit tentang investasi saham oleh Ellen May
semoga bermanfaat... keep blogging!!!

0 comments:

Post a Comment

il

il
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...