25.7.12

Menghindari Hukuman Google Panda dan Google Penguin

Google Panda - Google Penguin- Penalty Google - Menghindari hukuman google - Halo sobat blogger semuanya. Akhir - akhir ini topik yang lagi HOT alias naik daun ini adalah masalah Google Panda dan Google Penguin. Keduanya merupakan penegasan aturan yang dirilis oleh Google bagi para blogger perihal SERP (Search Engine Results Page). Intinya, google secara tegas (plagiarism bilang "kejam") menerapkan algoritma baru yang dapat "lebih menghargai" artikel atau tulisan asli berkualitas, bukan hasil jiplak ataupun copy-paste. Singkatnya, google lebih memilih artikel / tulisan asli dan berkualitas untuk tampil di halaman terdepan saat keyword diketikkan.

Google Panda
Dirilisnya google panda pada Februari 2011 menimbulkan pro dan kontra di berbagai belahan dunia maya. Ada yang menangis dan ada yang tersenyum bahagia. Sudah jelas plagiaris menangis, dan orisinalis tersenyum. Bagaimana tidak, suatu website / webpage yang sebelumnya memiliki rank bagus di SERP langsung drop ke bawah, website ber-pagerank tinggi hangus pageranknya dibakar si panda, hal ini semata-mata disebabkan karena website yang bersangkutan melakukan pelanggaran - pelanggaran etika blogging yang benar. Contohnya : Duplikasi konten, Blackhat SEO, self-spamming, konten berbahaya, phising, dan banyak yang lainnya. Perlu diketahui, update google panda (V3.8) pada 25 Juni lalu merupakan pukulan keras bagi banyak blogger (plagiaris) yang pendapatan utamanya didapatkan dari nge-blog. Dan saat ini, para plagiaris harus berpikir 2 kali untuk tetap menjalankan aksinya.

Agar kita bisa menghindari Hukuman dari Google panda dan Google Penguin, pertama kita harus mengetahui kriteria dari masing masing alogaritma.

Google Panda - bertujuan untuk menampilkan situs-situs berkualitas pada halaman depan hasil pencarian Google. Dengan update ini, Google berharap tidak ada lagi situs-situs auto generated content / blog scrapping / auto blog dan situs tidak berkualitas lainnya di peringkat atas pencarian. Google Panda mencoba memberikan penghargaan lebih pada halaman situs dengan artikel yang berkualitas, unik, dan benar-benar berkaitan dengan keyword yang dicari, on page SEO harus benar-benar bagus. Bahkan sebagian orang berpendapat kalau saat ini on page SEO mungkin lebih penting dibanding dengan off page SEO (backlink).

Google Penguin -  Penguin baru saja diluncurkan pada 24 April 2012 . Algoritma ini bersangkutan dengan perubahan pada hasil pencarian Google (SERP) yang dirancang untuk menghukum website atau halaman yang bersifat spamming . Ketika orang melakukan hal-hal seperti “keyword stuffing” atau “cloaking” yang melanggar TOS (Terms of Service) Google.

Cara Menghindari Hukuman Google Panda & Penguin
  1. Hindari copy-paste dari blog lain. Perlu digarisbawahi, copy-paste dengan mengutip itu berbeda. Copy paste itu adalah meng-copy dan mempaste, dan hasilnya pasti sama persis kalo hanya kedua hal itu yang dilakukan. Namun jika anda ingin terhindar dari hukuman google panda, silahkan mengubah konten yang akan anda copy, menjadi artikel baru yang berbeda, tapi intinya tetap sama.
  2. Hapus artikel yang serupa. Maksudnya adalah jika dalam blog yang sama terdapat artikel artikel yang mirip, silahkan dihapus, atau paling tidak menyatukan artikel tersebut menjadi satu post saja.
  3. Edit / hapus artikel yang kualitasnya rendah. Kriteria artikel kualitas rendah adalah : tidak bermanfaat / menarik bagi pembaca, hanya pelengkap dari artikel sebelumnya, memiliki jam tayang yang rendah dibandingkan dengan artikel yang lainnya dalam blog yang sama, mengandung link ke website berbahaya (phising, malware, scheme), mengandung outbound links ke hasil pencarian google langsung beserta keywordnya.
  4. Lupakan Link / Teks Tersembunyi. Banyak blogger yang sering melakukan hal ini untuk melakukan BlackHat SEO, contoh dasarnya adalah membuat warna tulisan sama dengan background, menyembunyikan tulisan dibawah gambar, jika mengklik background maka akan redirect atau pop up ke website yang sama atau website lain, ukuran font menjadi 0. Lupakan semua itu, jadilah blogger sejati yang benar - benar berusaha mengambil hati google dengan cara yang benar. ;)
  5. Jangan melakukan SPAM. Jangan pernah nyepam baik di website anda sendiri (komentar) ataupun di website orang lain. Hal ini sangat buruk bagi perkembangan website anda. Bukannya backlink yang anda dapat, tapi google dance. Apa itu google dance? Akan saya jelaskan di bawah.
  6. Jangan melakukan "Keyword Stuffing". Isian kata kunci adalah praktek loading halaman web dengan terlalu banyak kata kunci dalam upaya untuk memanipulasi peringkat sebuah website dalam hasil pencarian Google. Jenis praktek ini dapat mengakibatkan visitor geram dan juga dapat membahayakan peringkat website. Hindari semua jenis teknik Over Optimasi pada halaman web.
  7. Laporkan Plagiaris yang meng-copy blog anda. Untuk saat ini, google memang bijak, tapi masih buta. Google tidak tahu artikel mana yang asli dan yang hasil duplikasi. Seringkali artikel duplikat malah menjadi nomor satu SERP mengalahkan artikel aslinya. Oleh karena itu, carilah website yang meng-copy artikel anda, dan segeralah memintanya untuk menghapus atau menampilkan sumber. Jika si plagiaris gak mau, laporkan aja ke DMCA google. Selengkapnya lihat disini !!
  8. Proteksi artikel blog anda. Bagaimana caranya? Non-aktifkan fungsi klik kanan di blog anda, maka si pencuri artikel akan kesulitan untuk meng-copy artikel orisinil anda, walaupun sebenarnya masih ada cara lainnya. :(
  9. Tekankan optimasi SEO on Page. Optimasi SEO on Page adalah bagaimana cara kita menambah traffic dari dalam, bukan backlink. Yaitu dengan cara membuat artikel yang berkualitas, asli, relevan dengan keyword, bermanfaat, menarik. Ini akan lebih aman jika melihat situasi saat ini. Tidak jarang juga kita melihat sebuah website dengan jumlah backlink minim tetapi tetap exist nongkrong di nomor satu google page. Itu lah kehebatan SEO on Page.
  10. BLOG BERKUALITAS, BUKAN DI MATA GOOGLE, TAPI DI MATA USER. Tanamkan itu di benak, hati, dan pikiran anda. Niscaya, google panda dan google penguin akan tunduk terhadap anda.
Sedikit tambahan, ini adalah macam - macam hukuman yang akan diberikan oleh om google jika blog anda dituduh melakukan pelanggaran. Yups, bisa saja google panda menggunakan salah satu dari keempat jenis hukuman di bawah ini.
  1. Google Sandbox. Google Sandbox adalah hukuman yang dikenakan oleh google pada blog yang biasanya disebabkan oleh optimasi di blog tersebut yang dianggap mencurigakan oleh google , dampak dari Google Sandbox adalah postingan yang terkena google sandbox ini tidak akan pernah muncul di S.E.R.P. Meskipun demikian postingan tetap terindex oleh google, tetapi tidak dimunculkan di Hasil Pencarian google. Untuk blog yang bagian posting tertentunya didakwa mendapat penalti google sandbox, berhati – hatilah karena ini bisa menjalar untuk posting yang lainnya dan bahkan bisa secara keseluruhan blog kita mendapat penalti ini.
  2. Google Dance. Google Dance merupakan penalti google yang berupa penurunan posisi blog di hasil pencarian. Penurunan ini terjadi dengan sangat drastis. Misalnya, blog hari ini telah ada di posisi 1 namun satu hari kemudian turun ke posisi 150 dan keesokan harinya lagi memburuk diposisi 1000 begitu seterusnya. Ketika suatu posting blog mengalami google dance, postingan tersebut masih muncul di hasil penelusuran google namun kita perlu mencarinya dengan teliti sebab posisi postingan tersebut ada di urutan yang paling belakang. Dalam hal indexing, spider bot masih mau untuk meng-crawl isi postingan tersebut dan ini masih berjalan normal seperti biasa sehingga proses index blog tak terhambat karenanya. Untuk blog secara keseluruhan tidak akan terganggu dengan adanya penalti google dance yang terjadi pada posting tertentu kita.
  3. Deindex. Google Deindex merupakan hukuman dari google dimana blog atau website tersebut tidak mendapatkan perlakuan sama oleh google, misalnya blog kita tidak di crawling oleh google, hal ini menyebabkan postingan di blog kita sama sekali tidak punya harapan untuk muncul di SERP google. Hal ini biasanya disebabkan oleh Optimasi SEO yang terlalu over dan salahsehingga di deteksi sebagai sebuah kecurangan oleh Google atau sebuah blog dapat terkena Deindex karena melanggar  aturan yang telah diterapkan oleh google itu sendiri.
  4.  Banned. Ini adalah hal yang paling mengerikan bagi blogger, google banned adalah keadaan dimana tidak ada maaf lagi bagi blog/website bersangkutan, google akan berhenti mendukung blog/website yang terkena Banned ini. Semua halaman yang sebelumnya terindex akan dihapus oleh google. Bagi blogger/webmaster yang blognya terkena Banned dari google , akan mebutuhkan waktu yang lama untuk keluar dari keadaan ini, bahkan mungkin lebih baik membuat blog baru saja. Penyebab dari Banned ini biasanya karena blog tersebut dianggap berbahaya, dan karena sering melakukan spam.
Artikel ini saya tujukan buat semua blogger Indonesia, agar lebih berhati - hati dalam blogging, karena nampaknya Google makin 'Sangar' aja. Jika anda salah satu blogger yang terkena dampak google panda atau google penguin, silahkan share dengan berkomentar di bawah. Bagi yang punya trik jitu untuk mengatasi google panda dan google penguin selain yang diatas, silahkan berkomentar di bawah. Terima kasih. Semoga bermanfaat.
Salam ribuan-cara.blogspot.com


4 comments:

  1. Anonymous26/7/12

    thanks for a lot sir

    please visit http://bit.ly/NYJXgE

    ReplyDelete
  2. memang benar ada cara agar artikel tidak di curi yaitu dengan menambah javascript anti copy paste,, tapi bila cara itu di gunakan, saya yakin pastinya pengunjung akan banyak berkurang,, kita membuat blog untuk berbagi bukan untuk diri sendiri,, a, copy paste itu hanya cocok untuk blog yang berisi novel atau cerita nyang mempunyai hak cipta sendiri, okey salam kenal dariku

    ReplyDelete
  3. T.T saya baru kena gan,,, sedih banget,,, dan bingung,,, galau banget

    ReplyDelete

il

il
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...