IP

11.6.12

Petahana Itu Apa Sih?

Pada momen Pemilukada DKI Jakarta tahun 2012 ini, ada satu istilah baru yang belum pernah saya dengar atau baca sebelumnya. Istilah apakah itu? Petahana. Kata ini pertama kali saya lihat saat saya membaca berita teks berjalan di salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Awalnya saya bertanya-tanya, sebenarnya apa sih arti dari istilah ini. Sepertinya kata ini masih ada hubungannya dengan kegiatan pemilihan umum.

Setelah mencari informasi di internet, akhirnya saya mengetahui kalau Petahana itu ternyata adalah incumbent dalam bahasa Inggris. Petahana, dalam politik, merupakan pemegang suatu jabatan politik yang sedang menjabat.

Contohnya adalah pada Pilgub DKI kemarin, Fauzi Bowo adalah petahana karena Gubernur DKI Jakarta ini merupakan salah satu calon dalam pilgub tersebut. Dalam persaingan kursi-terbuka yaitu petahana tidak mencalonkan diri, istilah "petahana" terkadang digunakan untuk merujuk kepada kandidat partai yang sedang memegang jabatan.

0 comments:

Post a Comment

il

il
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...