29.6.12

Cara Custom Permalink (Tautan Permanen) di Blogger

Tautan permanen atau permanent link (permalink) adalah sebuah URL atau tautan yang menuju pada laman posting tertentu. Tautan permanen suatu posting atau artikel dapat dilihat pada kolom web address sebuah browser. Misalnya, tautan permanen untuk posting sebelumnya yang berjudul "Cara Memilih Sayur Mayur yang Segar dan Sehat" adalah "http://ribuan-cara.blogspot.com/2012/07/cara-memilih-sayur-mayur-yang-segar-dan-sehat.html".

Tautan permanen ini memuat unsur judul dari postingan yang bersangkutan serta URL blog, tahun, dan bulan terbit postingan. Dahulu, judul posting dalam tautan permanen akan terbentuk secara otomatis dan dibatasi hanya sampai sekitar kurang lebih 40 karakter. Sehingga bila ada artikel yang judulnya cukup panjang maka judul posting dalam permalink akan terpotong. Hal ini berakibat kurang baik terhadap SEO.

Namun sekarang, kita dapat mengatur atau mengubahsesuaikan tautan permanen (custom permalink) pada tampilan antarmuka Blogger yang baru. Sebagai contoh, sebelum saya menerbitkan posting berjudul  "Cara Memilih Sayur Mayur yang Segar dan Sehat", saya melakukan custom permalink posting tersebut terlebih dahulu.

Setelah mengisi judul entri dan menyimpannya, maka kita klik menu "Tautan permanen" pada bagian "Setelan entri".

Setelan entri
Klik "Tautan permanen".

Di dalam menu tersebut kita dihadapkan pada 2 pilihan, apakah ingin menggunakan "URL Otomatis" atau "URL Khusus".

Tautan permanen URL Otomatis
URL Otomatis

Pada gambar di atas terlihat, jika kita memilih opsi "URL Otomatis" maka judul posting dalam tautan permanen akan terpotong (http://ribuan-cara.blogspot.com/2012/07/cara-memilih-sayur-mayur-yang-segar-dan.html). Hal ini terjadi karena judul posting melebihi batas jumlah karakter yang ditentukan Blogger.

Agar lebih SEO judul posting dalam tautan permanen ini akan kita buat lengkap. Caranya, klik tombol radio "URL Khusus". Kemudian masukan judul posting tanpa spasi pada kotak yang tersedia. Kita dapat mengganti spasi dengan garis hubung (-) atau tanda titik (.) seperti di bawah ini.

cara-memilih-sayur-mayur-yang-segar-dan-sehat

Selain itu, kita juga dapat memasukkan huruf kapital (A-Z) dan angka (0-9). Jika sudah, silakan klik tombol "Selesai".

URL Khusus
Custom permalink

Sekarang kita sudah berhasil mengubahsesuaikan tautan permanen. Setelah artikel dipublikasikan maka tautan permanennya menjadi "http://ribuan-cara.blogspot.com/2012/07/cara-memilih-sayur-mayur-yang-segar-dan-sehat.html".

Tautan permanen
Tautan permanen
Kita hanya dapat mengatur tautan permanen ini sebelum artikel dipublikasikan. Jika sudah diterbitkan, maka kita tidak bisa mengubahnya lagi. Dengan adanya fitur "Tautan permanen" ini memungkinkan kita untuk memilih sendiri alamat URL untuk entri blog. Kita juga dapat menembak keyword langsung melalui alamat URL posting.

0 comments:

Post a Comment

il

il
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...